Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021

Cover_FRONT_Online_Vol_1_No_2_page-0001.jpg

Puji  syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk kembali menerbitkan jurnal ilmiah di bidang Pemilu dan demokrasi. Jurnal ini merupakan Volume I Nomor 2 dari Jurnal Awasia.

Pemilu tahun 2019 dan Pilkada tahun 2020 telah selesai dilaksanakan. Perhelatan demokrasi tersebut memiliki kekhasan dan signifikansi masing-masing. Pemilu 2019 merupakan Pemilu serentak pertama yang menggabungkan lima surat suara dalam satu waktu, karena Pemilu legislatif dan Presiden sebelumnya selalu dilaksanakan terpisah sedangkan Pilkada tahun 2020 merupakan perulangan dari Pilkada serentak tahun 2015 dan Pilkada pertama yang dilaksanakan ketika pandemi sedang berlangsung.

Ada banyak cerita dan problema di balik Pemilu dan Pilkada serentak ini yang dapat dituangkan menjadi jurnal ilmiah. Melalui Jurnal Awasia Volume I Nomor 2 kami berkesempatan untuk berbagi ide, gagasan dan catatan kritis seputar permasalahan yang terjadi selama Pemilu dan Pilkada. Mulai dari kewenangan PTUN dalam mengadili permasalahan hukum Pemilu, Kewenangan KPU dalam pembentukan norma pada PKPU, bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pilkada selama masa pandemi Covid-19, fenomena money politic dan kelompok pendukung kolom kosong hingga penggunaan E-Voting pada pilkada 2024 nanti.

Kami berharap Jurnal Awasia dapat menjadi wadah bagi penulis-penulis untuk terus berkarya dan bagi pembaca semoga dapat menambah pengetahuan terutama dibidang Pemilu dan demokrasi.

 

Selamat membaca

 

Dr. Didih M. Sudi

Published: 2021-12-29