Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN NASKAH JURNAL AWASIA

  1. Jurnal Penelitian Awasia menerbitkan artikel hasil penelitian Pemilihan Umum dan Demokrasi.
  2. Artikel harus asli dan belum pernah dipublikasikan atau sedang diajukan untuk dipublikasikan dalam jurnal lain. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan nama forumnya.
  3. Penulisan naskah  menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar.
  4. Panjang naskah 15-20 halaman, kertas ukuran A4, diketik satu setengah spasi, font times new roman 12 dengan program Microsoft Word.
  5. Artikel ditulis dengan ketentuan dan sistematika sebagai berikut:
  1. Judul: ditulis dengan singkat dan padat,  maksimum  12 kata, mengandung  kata kunci, dan harus mencerminkan substansi permasalahan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.
  2. Nama  penulis:  ditulis di bawah judul, tanpa gelar. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
  3. Instansi,  alamat  penulis  dan contact  person:  ditulis instansi asal penulis, alamat email, dan nomor kontak yang bisa dihubungi (no HP atau telepon rumah).
  4. Abstrak:  ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, maksimum  150 kata dan ditulis dalam satu paragraf yang  berisi (1) tujuan, (2) metode, dan (3) hasil penelitian.
  5. Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri atas beberapa buah kata/istilah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak  dengan jarak satu baris dan dicetak miring.
  6. Batang tubuh: terdiri atas (1) pendahuluan, (2) metode, (3) hasil dan pembahasan, (4) simpulan.
  • Pendahuluan: berisi masalah penelitian, situasi ilmiah kekinian sesuai fokus masalah, dan ulasan pustaka (state of art) yang menjadi landasan penelitian)
  • Metode: berisi pendekatan/cara/metode yang digunakan.
  • Hasil dan pembahasan: berisi hasil penelitian dan pembahasan hasil yang diperkuat dengan teori dan atau temuan penelitian lain yang relevan).
  • Simpulan: berisi garis besar simpulan penelitian dan saran sejalan dengan permasalahan yang dibahas.
  1. Daftar pustaka: diusahakan dari sumber primer (jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian) dan mutakhir/terbaru. Daftar pustaka hanya mencantumkan sumber yang dirujuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus  ada dalam daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka mengikuti contoh berikut.
  • Jurnal: nama pengarang, tahun, judul artikel (di antara dua tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman seperti berikut.

Dadan Rosana. 2009. "Pengembangan Budaya Kualitas Melalui Penerapan  ISO 9001:2000 di UNY". .Cakrawala Pendidikan, XXVIII  (3), 296-307.

  • Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit, seperti berikut.

Woodside, A.G. 2010. Case Study Research Study, Theory, Method, and Practice. Boston: Emerald Group Publishing Limited.

  • Buku yang terdiri dari beberapa artikel, ditulis seperti berikut.

Winch, C. 2006. Graduate Attributes and Changing Conceptions of Learning  dalam  Hager, P. & Holland, S. Graduate  Attributes, Learning and Employability, hal 67-90. Dordrecht: Springer.

  • Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.

Lamy, M.N., & Mortensen, H.J. 2009. "Using Concordance Programs in the Modern  Foreign Languages Classroom", dari http://www.ict4Jt.org/-en/enmod2-4.htm. Diunduh 22 Agustus 2012.

  • Artikel dalam surat kabar majalah: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan (dalam tanda petik), nama terbitan (dicetak miring), tanggal, dan halaman seperti contoh berikut.

Arman, S.A. 2013. "Mempertimbangkan  Kembali  Pemberlakuan  Kurikulum Baru. Kompas, 19 [anuari  2013, halaman  5.

  1. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel menyebutkan nama belakang pengarang (sesuai entri pada daftar pustaka), tahun, dan halaman. Contoh: (Woodside, 2010: 53) atau Woodside (2010: 53). Rujukan langsung (tanpa mengubah apapun), diketik satu spasi menjorok masuk ke kanan 7 ketukan, rata kiri dan kanan.
  2. Tabel dan ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta dan foto disajikan dengan ketentuan:
  1. foto, gambar, dan peta harus cukup tajam dan dicetak di atas kertas mengkilap (glossy),
  2. ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas,
  3. tabel menggunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal. Judul tabel di atas tabel, diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut. gambar, grafik, dan foto diberi kotak. Judul berada di bawah, diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut.
  1. Naskah dikirim ke redaksis secara daring melalui laman jurnal.banten.bawaslu.go.id/index.php/awasia dalam format "doc/docx" atau dapat dikirim via email ke : awasia.jpd@gmail.com
  2. Artikel yang masuk akan diseleksi dengan  ketentuan  dapat  diterima  tanpa  perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak. Artikel yang ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta  oleh penulis.